Berita Politik

Aturan Ganjil Genap di Bandung Yang Harus Kalian Ketahui

Aturan Ganjil Genap di Bandung perlu disimak oleh kalian yang ingin berpergian ke Bandung. Jangan sampai kalian diputarbalik karena kekurangan informasi.

Seperti diketahui, Pemkot Bandung dan polisi mulai memberlakukan kebijakan ganjil genap di Kota Bandung. Tujuannya adalah untuk mengontrol mobilitas di Bandung yang saat ini berstatus PPKM level 3.

Sebagai uji coba, peraturan ganjil genap Bandung terlebih dulu diberlakukan di gerbang tol. Kasat Lantas Polrestabes Bandung AKBP M Rano Hadianto menilai tol sebagai akses utama untuk masuk ke kota Bandung, sehingga ganjil genap diberlakukan di lima titik gerbang tol.

“Tentunya Kota Bandung akses (ke) Bandung-nya adalah lima gerbang tol yang menjadi favorit bagi masyarakat, khususnya luar Kota Bandung masuk ke Bandung. Adanya ganjil genap di lima gerbang tol tersebut mobilitas bisa terkendali,” kata Rano.

Berikut ini 5 gerbang tol lokasi pemberlakuan aturan ganjil genap yang ada di Bandung.

  • GT Pasteur
  • GT Pasirkoja
  • GT Kopo
  • GT Buahbatu
  • GT Moch Toha

Aturan ganjil genap di Bandung berarti angka terakhir di nopol kendaraan harus sesuai dengan tanggal di hari tersebut.

Jika angka terakhir ganjil berarti mobil hanya bisa lewat di gerbang tol saat tanggal ganjil. Sementara itu angka terakhir nopol kendaraan genap, berarti kendaraan hanya boleh melintas di tanggal genap.

Sebagai contoh hari ini tanggal 7 September 2021, artinya hanya kendaraan dengan angka terakhir ganjil di nomor polisi yang boleh melintas di 5 gerbang tol bandung.

“Jumat tanggal 3 itu ganjil, itu boleh masuk. Besoknya (Sabtu) genap 0, 2, 4, 8 boleh masuk, selain itu balik kanan kembali, diputar balik,” kata Kabid Pengendalian dan Ketertiban Transportasi (PDKT) Dishub Kota Bandung Asep Kuswara via sambungan telepon, Rabu 1 September 2021.

Kasat Lantas Polrestabes Bandung AKBP M Rani Hadianto mengatakan ganjil genap di 5 gerbang tol Bandung berlaku pada pukul 06.00 – 21.00 WIB. Ganjil genap Bandung berlaku mulai hari ini. Polisi memberikan pengecualian aturan ganjil genap di Bandung pada sejumlah kendaraan. Apa saja?

“Ada beberapa kendaraan yang menjadi pengecualian yang bisa melintas saat ganjil genap, di antaranya kendaraan dinas kepolisian, TNI, kendaraan dinas berpelat nomor merah, angkutan barang, angkutan umum, termasuk juga online. Lalu, ambulans, pemadan kebakaran, dan kendaraan dinas kesehatan ataupun yang bersifat darurat khususnya dalam penanganan Covid-19,” kata Kasat Lantas Polrestabes Bandung AKBP M Rano Hadianto.